Logo Google
Google memiliki beberapa logo sejak berganti nama dari BackRub. Logo pertamanya dirancang oleh Sergey Brin menggunakan perangkat lunak GIMP. Logo Google direvisi besar-besaran pada 1 September 2015. Logo Google sebelumnya dirancang oleh Ruth Kedar dengan rupa huruf Catull, rupa huruf serif gaya lama yang dibuat oleh Gustav Jaeger untuk Berthold Type Foundry tahun 1982.[1] Perusahaan ini juga merilis berbagai versi logonya dalam rangka hari raya, ulang tahun tokoh terkenal, dan peristiwa besar seperti Olimpiade.[2] Logo-logo khusus ini dikenal dengan sebutan Google Doodle, dan beberapa di antaranya dirancang oleh Dennis Hwang.
Sejarah[sunting | sunting sumber]
Pada tahun 1998, Sergey Brin membuat tulisan Google menggunakan program grafik bebas bernama GIMP. Rupa hurufnya diubah dan ditambahkan tanda seru agar mirip logo Yahoo!.[3] "Ada banyak pilihan warna," kata Ruth Kedar, desainer grafis yang merancang logo Google. "Kami pun memilih warna dasar, namun daripada mengurutkan pola warnanya, kami memberi warna sekunder untuk huruf L sehingga menciptakan kesan bahwa Google enggan mengikuti aturan."[4]
Pada tahun 2010, logo Google mengalami perubahan besar pertamanya sejak 31 Mei 1999. Logo baru ini diperkenalkan pada 8 November 2009[5] dan diluncurkan secara resmi pada 6 Mei 2010.[6] Logo tersebut menggunakan rupa huruf yang identik dengan logo sebelumnya, namun huruf "o"-nya lebih jingga daripada "o" sebelumnya yang kekuningan, disertai berbagai gaya bayangan yang halus. Tanggal 19 September 2013, Google memperkenalkan logo "datar" (dua dimensi) dengan pewarnaan yang sedikit berubah.[7][8] Pada tanggal 24 Mei 2014, logo Google diperbarui. Huruf "g" kedua dipindahkan ke kanan sejauh satu piksel dan huruf "l" dipindahkan ke bawah dan kanan sejauh satu piksel.[9][10] Logo Google versi 2010 masih dipakai di beberapa halaman, salah satunya Google Doodles.[11]
Tanggal 1 September 2015, Google memeprkenalkan "keluarga logo dan identitas baru" yang dirancang untuk semua perangkat.[12]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar